Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaHeadlineProgram Siska Ku Intip Lolos ke Tahap III PPD 2023

Program Siska Ku Intip Lolos ke Tahap III PPD 2023

Link, Banjarbaru – Program super prioritas yang digagas Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yakni Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti -Plasma (Siska Ku Intip) berhasil maju ke tahap III Penghargaan Pembangunan Daerah ( PPD) 2023.

Pada Tahap III ini Siska Ku Intip telah dilaksanakan verifikasi dan kunjungan lapangan oleh Tim penilai Utama ( TPU) dan Tim Penilai Independen ( TPI) dari Badan Perencana Pembangunan Nasional ( Bappenas) RI pada 27-28 Maret 2023.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dalam hal ini diwakili Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda) dipimpin Kepala Bappeda Dr. Ir. Ariadi, M. Si bersama Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Kadisbunnak) drh.Suparmi.

Pada tahap III ini, hari pertama (27/3) telah mengunjungi salah satu pabrik Crude Palm Oil (CPO) di Kalimantan Selatan yaitu pabrik CPO di PT. Buana Karya Bhakti ( PT BKB), dilanjutan ke pabrik pakan ternak dari limbah sawit dan ke peternakan sapi PT.Siska Ranch yang juga milik PT.BKB Group.

Pada setiap lokasi kunjungan tanggapan dan nilai positif diberikan oleh tim penilai bari dari TPI maupun TPU.

Baca juga  Kain Sasirangan Sah Miliki Hak Kekayaan Intelektual Komunal

Selain itu nilai lebih juga diberikan pada Klaster Akom Swarangan karena juga berkontribusi mencetak pelaku usaha sapi muda ( milenial) melalui kuliah gratis yang pembiayaan dari usaha ternak sapi di klaster Siska Ku Intip Akom Swarangan yang merupakan satu- satunya di Indonesia.

Sedangkan Pada hari kedua (28/3), kegiatan Penilaian PPD 2023 dilaksanakan FGD yang merupakan upaya penggalian evidence – based evaluation dari prespektif stakeholder non bappeda terhadap penyusunan RKPD 2023. Kemudian pelaksanaan dan pencapaian sasaran pembangunan daerah serta inovasinya.

“Semoga inovasi program Siska Ku Intip yang telah didukung oleh multistakehoder pusat, provinsi, kabupaten/kota bahkan Internasional dalam hal ini Indonesia Australia Red Meat And Cattle Partnership ( IARMCP) melalui Siska Supporting Program dapat menjadi inovasi daerah terbaik. Ini sebagai langkah mewujudkan swasembada sapi dan pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan mewujudkan pekebun dan peternak yang sejahtera,” harap drh. Suparmi, Kadisbunnak Pemprov Kalsel. (why)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER