Senin, Maret 4, 2024

Selain Kurma, 8 Makanan Ini Bagus Dikonsumsi Rutin Saat Bulan Puasa

Saat ramadan penting untuk memastikan tubuh mendapat asupan bernutrisi. Beberapa makanan sunah bisa dikonsumsi. Tak hanya kurma, tapi ada juga buah dan makanan sehat ini.

Dalam Alquran dan hadis, tercantum nama-nama makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi muslim. Makanan ini mengandung segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Mengonsumsinya saat ramadan juga bisa jadi pilihan tepat untuk menambah energi dan stamina. Jenisnya ternyata tak hanya kurma, tapi juga buah dan makanan sehat lain berikut ini.

Berikut 8 makanan sunah ramadan yang bagus dikonsumsi rutin, seperti dikutip dari Detikfood:

  1. Zaitun

Sejak lama zaitun jadi makanan favorit pelaku hidup sehat. Informasi mengenai zaitun dan minyak zaitun ternyata tercantum dalam Alquran dan hadis.

” … yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api …” (Q.S. 24:35)

“Makanlah Zaitun dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah.” [Tirmidzi]

Konsumsi zaitun saat berpuasa amat disarankan untuk mencegah kelelahan dan lemas berlebih. Makan buah zaitun mampu menjaga kesehatan darah karena meningkatkan kadar zat besi sekaligus menjaga tingkat energi tetap stabil.

Mengonsumsi zaitun juga disebut bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya bahkan bagus untuk perkembangan kognitif.

  1. Kurma

“Ada sebatang pohon diantara pohon-pohon yang serupa dengan seorang Muslim (dalam kebaikan). Daunnya tidak rontok. Pohon apakah itu? Rasulullah SAW sendiri berkata, “Itu adalah pohon kurma”.

Kurma disebutkan dalam Alquran dan hadis karena manfaat sehat dan keberkahan dari mengonsumsinya. Kurma yang kaya vitamin dan protein ini bagus dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa.

Kandungan zat besi pada kurma juga menjadikan buah manis lembut ini efektif mencegah kelelahan dan pusing di siang hari yang sering dialami saat puasa. Makan kurma juga mampu menyehatkan sistem pencernaan.

  1. Buah ara

Makanan sunah ini disebutkan Rasulullah SAW sebagai buah yang diturunkan dari surga. Beliau bersabda, “Makanlah buah ara! Jika engkau berkata,’ ada buah yang diturunkan dari surga,’ maka aku bisa katakan, ‘Inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji.’ Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.” [Sahih Bukhari].

Buah ara adalah sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bagus untuk tubuh. Mengonsumsinya bagus untuk mencegah sembelit, memperbaiki sistem pencernaan, hingga menyehatkan dan mencegah penyakit jantung karena kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 nya.

  1. Labu
Baca Juga  Tips Minum Jus Tomat, Agar Manfaatnya Tepat Untuk Tubuh

Menurut hadis Tirmidhi, Rasulullah SAW menyukai labu. Mengonsumsinya secara rutin memang bagus untuk kesehatan. Labu menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah kanker karena kandungan antioksidan dan senyawa antikanker di dalamnya.

Labu juga terkenal dengan manfaatnya menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur. Makan labu bantu kamu rileks dan melepas lelah setelah puasa yang lama.

  1. Madu

Madu juga tergolong bahan makanan yang disebut manfaatnya dalam hadis. Rasulullah SAW mengatakan, “Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur’an dan madu.” [Shahih Bukhari].

Keistimewaan madu ialah memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Konsumsi madu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah. Gangguan pencernaan juga bisa diredakan dengan konsumsi madu secara rutin.

  1. Mentimun

Abdullah bin Ja’far mengatakan, “Rasulullah SAW memakan mentimun dengan kurma yang matang (sebelum menjadi tamar).” [At-Tirmidzi]. Mentimun yang dimaksud bernama qith’tha atau mentimun liar.

Dari segi nutrisi, konsumsi mentimun baik untuk menghidrasi tubuh karena sayuran ini mengandung 95% air. Mentimun juga tinggi antioksidan dan bersifat antiinflamasi. Mengonsumsinya saat ramadan bisa mencegah bau mulut.

  1. Barley

Barley atau jelai adalah jenis biji-bijian kaya serat yang kerap jadi bahan baku pembuatan kue atau roti. Barley juga jamak dikonsumsi sebagai sereal, sup, sampai alternatif pengganti nasi.

Barley kaya vitamin dan mineral. Barley juga merupakan sumber antioksidan dan serat yang tinggi. Konsumsinya dikenal bagus untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Aisyah (RA) berkata: “Ketika seorang anggota keluarga Rasulullah (SAW) jatuh sakit, dia akan memerintahkan agar dibuat sup barley dan kemudian orang yang sakit akan diperintahkan untuk memakannya. Dia biasa berkata, ‘Itu memperkuat hati orang yang sedih dan meringankan hati orang yang sakit, seperti salah satu dari kalian akan mencuci kotoran dari wajah dengan air’.” [Ibn Majah].

  1. Semangka

Makanan sunah ramadan selanjutnya, semangka. Menurut Abu Daud dan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW memakan semangka dengan kurma kering. “Panas di buah ini (kurma) dinetralisir oleh unsur dingin di buah ini (semangka).”

Dari sisi nutrisi, mengonsumsi semangka bagus untuk kesehatan karena buah ini mengandung 92% air. Semangka juga mengandung vitamin A, B6, dan C, dan likopen. (net)

Sumber: Detikfood

BERITA POPULER