Senin, Maret 4, 2024

PUPR Kalsel Selesaikan Pembangunan JDU Kurau-Tabanio

Link, Kalsel- Kemudahan distribusi air bersih untuk masyarakat Kalimantan Selatan terus diutamakan, seperti dibangunnya Jaringan Distribusi Utama (JDU) dari Kecamatan Kurau ke Desa Tabanio, Tanah Laut.

Pembangunan JDU atau pipa air ini telah selesai dan diumumkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, pada alhir tahun 2023 lalu. Dalam kontrak yang telah selesai pada tanggal 15 Desember 2023, pemasangan pipa air sepanjang 17 km dimulai dari booster Kurau menuju riser power pipa Tabanio dengan kapasitas 1.000 meter kubik dan menghabiskan anggaran sebesar Rp38 miliar lebih.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan melalui Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum, Angga Rinaldi Rizal, pipa air baru ini diharapkan dapat meningkatkan suplai air bersih di wilayah tersebut dan menciptakan ketersediaan air yang lebih optimal.

Baca Juga  PUPR Kalsel Sosialisasi Pengusulan DAK Air Minum dan Sanitasi

“Pengembangan jaringan distribusi utama ini merupakan suatu perangkat vital yang dibutuhkan oleh masyarakat Tanah Laut untuk memenuhi kebutuhan akan pasokan air yang sehat dan aman,” kata Angga, Selasa (2/1/2024).

Oleh karena itu, pengembangan jaringan distribusi utama air menjadi salah satu langkah progresif dalam persiapan masyarakat Kalsel untuk menuju keterjangkauan air bersih dan sehat.

Selain itu juga pada tahun 2024 pihaknya akan kembali membangun JDU atau pipa air ke Kabupaten Barito Kuala dari Desa Sungai pinang ke Kecamatan Tabunganen.

“Dengan ketersediaan air yang lebih optimal, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih baik dan sehat serta dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah mereka,” ujarnya. (tri)

BERITA POPULER