Minggu, Mei 19, 2024

Sebanyak 222 CJH Kota Banjarbaru Akan Ikuti Rangkaian Manasik

Link, Banjarbaru – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarbaru membuka Manasik Haji 1445 H/2024 M, di Masjid Al-Ikhlas PLN. Pembukaan Manasik ini diikuti 222 Calon Jamaah Haji (CJH), Kota Banjarbaru.

H Mahrus Kepala Kemenag Banjarbaru mengatakan, kegiatan Manasik akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung dari 17 April – 28 April 2024.  

“Manasik dilakukan 2 hari dari Kabupaten, 2 hari Provinsi, 8 hari di Kantor Urusan Agama tempat masing-masing,” katanya, Rabu (17/4/2024).

Sedangkan untuk jumlah CJH sebanyak 222 tersebut, merupakan kuota yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk Banjarbaru. 

“222 CJH yang mengikuti manasik tersebut telah melakukan pelunasan haji, dan ada juga jemaah cadangan yang sudah melunasi. Namun jamaah cadangan ini, belum tentu berangkat tahun ini, karena menunggu jika ada kuota tambahan dari daerah lain yang dilempar ke Kota Banjarbaru,” jelasnya.

Mahrus berharap, agar semua jamaah mengikuti kegiatan secara sempurna, dari awal sampai akhir, baik dilaksanakan di Provinsi maupun Kecamatan. Tentunya dengan keyakinan, bahwa mengikuti manasik yang cukup maka akan memiliki bekal dalam perjalanan ibadah hajinya.

“Karena ibadah haji inikah, banyak yang bertumpu di kegiatan fisik. Nah jamaah hajinya haru istithaah dulu, harus sehat menurut surat keterangan dinas kesehatan. Nanti akan ada teori-teori, dan diakhiri dengan praktek di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin,” tambahnya. 

Untuk keberangkatan, CJH Kota Banjarbaru diharapkan tidak ada pemecahan rombongan seperti tahun kemarin. Mahrus mengatakan, jika Banjarbaru utuh maka akan ada tambahan dari Kabupaten lain.

“Karena dalam satu kloter itu berjumlah 325 CJH, mudah-mudahan tidak pecah karena lebih enak untuk mengantarnya cuma satu kali,” pungkasnya.

Sekadar informasi dari total 222 CJH, terdiri dari 94 jamaah laki-laki dan 128 jamaah perempuan. Untuk jamaah termuda berusia 20 tahun berasal dari Banjarbaru Selatan, sedangkan usia jamaah yang tertua berusia 82 tahun berasal dari Landasan Ulin. (wahyu/BBAM) 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER