Minggu, Juli 21, 2024
BerandaLinkOlahragaPSIS VS Persebaya, Bajul Ijo Menang 2-1

PSIS VS Persebaya, Bajul Ijo Menang 2-1

Linkalimantan.com – Persebaya Surabaya sukses melanjtukan tren positif mereka di partai tunda BRI Liga 1 2022/2023. Bertamu ke markas PSIS Semaranng, Bajul Ijo menang dengan skor 2-1.

Laga tunda antara PSIS VS Persebaya, PSIS sebenarnya unggul lebih dahului melalui gol Alfeandra Dewangga. Sementara Persebaya membalikkan kedudukan berkat gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Paulo Victor dan Brylian Aldama.

Babak Pertama PSIS VS Persebaya

Sinyal pertandingan berjalan sengit terlihat sejak menit awal. Baru lima menit berjalan, Persebaya dapat peluang lewat tendangan penalti. Bermula dari pelanggaran bek PSIS, Alfeandra Dewangga kepada M. Supriyadi didalam kotak penalti.

Namun, tendangan penalti gelandang serang Persebaya, Ze Valente bisa diantisipasi Adi Satryo, kiper PSIS.

Satu menit berikutnya, PSIS membalas lewat tembakan Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang ini melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Persebaya, bola masih menerpa tiang gawang.

PSIS kembali dapat peluang di menit ke-16. Kali ini Carlos Fortes yang memberi ujian bagi pertahanan lawan. Tapi tendangannya dari luar kotak penalti masih tipis melepas di sisi kanan gawang PSIS.

Jika melihat dari permainan kedua tim, PSIS punya serangan yang lebih cepat. Mereka mengandalkan Taisei Marukawa dan Ryan Ardiansyah yang bisa melakukan akselerasi dengan cepat. Sedangkan Persebaya, Ze Valente bisa jadi kreator serangan. Tapi umpan-umpannya belum bisa dimanfaatkan rekan-rekannya di lini depan.

PSIS berhasil mencetak gol lebih dulu di menit ke-26. Bermula dari tendangan bebas Marukawa di sisi kanan pertahanan Persebaya. Kemelut terjadi dalam kotak penalti, dan Dewangga menyambutnya dengan heading. Bola meluncur ke dalam gawang Persebaya.

Namun keunggulan 1-0 PSIS tak bertahan lama. Persebaya menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Paulo Victor dari dalam kotak penalti. Mendapatkan umpan dari Alta Ballah di menit 31, dengan sekali kontrol Victor berbalik badan dan melepaskan tendangan yang mengoyak gawang PSIS.

Di pengujung babak pertama, PSIS punya beberapa peluang lewat Carlos Fortes dan Wawan Febrianto. Tapi tidak ada yang berujung gol. Sehingga skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua PSIS VS Persebaya

Persebaya tampak kurang puas dengan serangannya di babak pertama. Pelatih Aji Santoso memasukkan Ahmad Nufiandani menggantikan Supriyadi. Sebuah indikasi jika Bajul Ijo ingin memaksimalkan serangan di sayap kanan.

Baca juga  Prediksi Maroko vs Brasil, Minggu Jam 05:00 WIB

Namun, PSIS yang mempertahankan starting eleven membuka peluang emas lebih dulu. Menit ke-50, Fortes lepas dari kawalan pemain belakang Persebaya. Tapi tendangannya bisa ditepis Ernando Ari.

Winger kanan PSIS, Fredyan Wahyu yang dapat bola liar di depan kotak penalti gagal memaksimalkan peluang itu, karena tendangannya melebar dari gawang Persebaya.

PSIS terus menggempur pertahanan Persebaya. Beberapa peluang on target dibuat. Salah satunya di menit ke-61 lewat tendangan keras Marukawa di dalam kotak penalti. Namun Ernando terlalu tangguh untuk ditaklukkan.

Hingga pertengahan babak pertama, PSIS berhasil meredam permainan Persebaya karena melakukan pressing ketat kepada Ze Valente. Gelandang asal Portugal itu merupakan otak serangan Bajul Ijo. Menit ke-70, Marukawa kembali mengancam gawang Persebaya. Mendapat crossing dari Fredyan Wahyu, tendangan voli dilepaskan Marukawa. Namun Ernando masih bisa mengantisipasinya.

Tak kunjung mencetak gol, PSIS melakukan penyegaran di lini depan. Hari Nur Yulianto dan Vitinho dimasukkan di menit ke-75. Mereka menggantikan Carlos Fortes dan Wawan Febrianto yang mulai kelelahan. Persebaya baru dapat peluang emas di menit ke-84. Crossing Alta Ballah berhasil disambut tendangan keras Paulo Victor yang ada didepan gawang. Namun bola justru melambung.

PSIS dapat kans besar kembali unggul di menit ke-86. Mahesa Jenar dapat penalti setelah bek Persebaya, Leo Lelis, melakukan handball di dalam kotak penalti. Tapi, Vitinho yang jadi eksekutor tendangannya bisa ditangkap Ernando Ari.

Ironis bagi PSIS, karena di menit ke-88, Persebaya yang mencetak gol. Lewat serangan balik cepat Catur Pamungkas mengirimkan umpan mendatar ke dalam kotak penalti PSIS. Brylian Aldama dengan tenang mengkonversinya menjadi gol.

Persebaya berbalik unggul 2-1. PSIS berupaya mengejar ketertinggalan, tapi hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol yang tercipta. Persebaya mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain PSIS VS Persebaya

PSIS Semarang (3-4-3): Adi Satryo (kiper); Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga, Bayu Fiqri (belakang); Ryan Ardiansyah, Luthfi Kamal, Delvin Rumbino, Fredyan Wahyu, (tengah); Taisei Marukawa, Carlos Fortes, Wawan Febrianto (depan).

Pelatih: Gilbert Agius.

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari (kiper); Catur Pamungkas, Leo Lelis, Riswan Lauhin, Alta Ballah (belakang); M. Hidayat, Bryllian Aldama, Ze Valente (tengah); M. Supriyadi, Paulo Victor, Sho Yamamoto (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

Sumber: https://www.bola.net

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER