Rabu, Mei 22, 2024

Selain Menyegarkan 5 Minuman Ini Dapat Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Cuaca panas sedang melanda Indonesia belakangan ini. Agar tubuh tetap terhidrasi di tengah cuaca panas, beberapa minuman sehat ini baik dikonsumsi.

Indonesia sedang dilanda cuaca panas akhir-akhir ini, salah satu faktornya karena dinamika atmosfer yang tak biasa. Cuaca yang panas ini membuat tubuh kehilangan banyak cairan.

Agar tubuh tak kehilangan banyak cairan atau tetap terhidrasi, penting untuk mengonsumsi minuman yang kandungan airnya tinggi. Air putih menjadi minuman yang harus banyak dikonsumsi, minimal 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter.

Dilansir dari Real Simple (14/4/2023), ada beberapa minuman yang baik dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh. Seperti jus melon, teh, dan lainnya.

Berikut 5 minuman yang baik untuk menghidrasi tubuh selain air putih:

  1. Teh

Saat cuaca sedang panas, teh bisa menjadi alternatif minuman yang baik dikonsumsi selain air putih. Teh juga mengandung antioksidan yang tinggi, sangat baik diminum untuk menjaga imunitas tubuh.

BACA JUGA  Ilmuwan Ungkap Wilayah yang Paling Terdampak Gelombang Panas

Teh juga pada dasarnya mengandung banyak air, karena diseduh langsung menggunakan air panas. Kandungan kafein pada teh juga tak sebanyak kopi, jadi tetap bisa menghidrasi.

Kamu bisa menikmati teh ini dalam kondisi hangat maupun dingin. Namun, saat cuaca panas seperti ini lebih nikmat ditambahkan es batu. Dalam mengonsumsinya juga perhatikan tambahan gulanya.

  1. Susu

Susu yang kental creamy ternyata juga baik untuk meningkatkan hidrasi tubuh saat cuaca sedang panas. Tara Tomaino, seorang ahli nutrisi menyebutkan kalau kandungan pada susu seperti karbohidrat, protein, dan elektrolit sangat efektif untuk rehidrasi.

“Ketika tujuannya adalah untuk memulihkan diri, susu dapat memberikan cairan serta nutrisi,” kata Tomaino.

  1. Jus Mentimun

Jus buah dan sayuran juga pilihan yang tepat untuk menghidrasi tubuh di tengah cuaca panas. Salah satunya jus mentimun yang kandungan airnya tinggi.

BACA JUGA  Ingin Kuat Puasa, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Diketahui kalau mentimun adalah buah yang mengandung 96 persen air, kandungan airnya paling tertinggi dari makanan apapun. Kristel de Groot, seorang ahli nutrisi menjelaskan,

“Sayuran (mentimun) yang menghidrasi lebih dari segelas air biasa sangat cocok untuk camilan.”

  1. Jus Semangka

Selain mentimun, semangka juga bisa menjadi piihan yang pas dikonsumsi. Semangka yang memiliki kandungan 92 persen air ini bisa dijadikan jus.

Tomaino juga menjelaskan kalau semangka bisa dikonsumsi langsung tanpa dijadikan jus. Selain kandungan air, semangka juga sumber likopen dan antioksidan yang baik.

  1. Air Kelapa

Air kelapa juga bisa dijadikan alternatif pengganti air putih untuk menghidrasi tubuh. Dikarenakan, air kelapa adalah sumber alami elektrolit, seperti natrium, kalium, dan mangan.

Hayley Miller, selaku ahli gizi menjelaskan, “Kelapa dapat membantu menggantikan (cairan) ini dan mengembalikan keseimbangan yang baik.” (net)

Sumber: Detikfood

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER