Tinjau TMMD, Kasdam VI Minta Jangan Disalahgunakan

Facebook
Twitter
LinkedIn
jembatan baru hasil kerja TMMD di Aranio

Link, Martapura – Terbukanya akses jalur transportasi tiga desa di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan jelas menjadi anugerah bagi masyarakat setempat.

Nah, sebentar lagi impian warga Desa Benua Riam, Artain dan Desa Apuai Kecamatan Aranio segera terwujud dengan hampir selesainnya proyek pembangunan jalan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113.

Namun demikian, Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI Mulawarman, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan saat meninjau lokasi mengingatkan jika keberadaan akses jalan tersebut jangan sampai disalahgunakan.

“Saya lihat sendiri disini tidak ada tambang, takutnya nanti malah dimanfaatkan diluar peruntukannya,” ujarnya saat meninjau progres pembangunan TMMD Kodim 1006 Banjar di Desa Benua Riam dan Desa Apuai, Senin (30/05/2022) siang.

Dirinya berharap pembangunan yang dilaksanakan melalui TMMD ini memiliki dampak langsung terhadap masyarakat, yakni mempermudah akses jalan bagi masyarakat terlebih untuk anak sekolah.

”TNI melalui TMMD membuka akses pembangunan di desa terpencil dengan harapan selanjutnya akan diteruskan oleh pemerintah daerah. Sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga  Pilpres 2024 Andika Perkasa Jadi Kuda Hitam?

Bersama Sekda Banjar M Hilman, Kasdam VI MUlawarman meninjau lokasi TMMD ke-113Sementara itu, Sekda Banjar, HM Hilman mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik terselenggaranya TMMD yang saat ini sudah hampir selesai. TNI melalui TMMD membuka wilayah terpencil, sehingga kedepannya dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah deerah.

“Karena pembangunan infrastruktur yang dilakukan melalui TMMD ini belum bersifat permanen, untuk itu perlu adanya perawatan yang intensif, mengingat dampaknya yang luar biasa untuk warga.

Sehingga kedepannya sebut Hilman lebih jauh, Pemkab Banjar memiliki landasan dasar untuk melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan oleh TNI melalui TMMD.

Diketahui, TMMD oleh Kodim 1006 Banjar melakukan pembangunan pembukaan akses jalan sepanjang 4.000 meter, lapangan voli, pembangunan toilet, bedah rumah, pembangunan 2 buah jembatan dan renovasi masjid.

Selain melakukan kegiatan fisik berupa pembangunan, TMMD ini juga melakukan kegiatan non fisik berupa penyuluhan terkait budidaya perikanan bekerjasama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin.

Dalam kunjungannya, Ibnu Bintang didampingi Dandim 1006 Banjar Imam Muchtarom dan unsur Forkopimda Banjar. Sekda Kabupaten Banjar, HM Hilman.(spy)