Wali Kota Banjarbaru Resmikan Rumah Kemasan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Banjarbaru – Wali Kota Banjarbaru, M Aditya Mufti Ariffin meresmikan Rumah Kemasan untuk produk UMKM di samping Kantor Dinas Perdagangan (Disdag) Banjarbaru, Selasa (19/4/2022).

Aditya mengatakan, semua patut bersyukur dan memberikan apresiasi atas berdirinya rumah kemasan, karena ini dapat meningkatkan mutu produk industri kecil dan menengah agar menjadi menarik dan sesuai kebutuhan pasar.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Rumah Kemasan Kota Banjarbaru. Harapan kami dengan adanya Rumah Kemasan ini bisa membantu produksi dari kawan-kawan kita dari para pelaku usaha UMKM yang ada di Kota Banjarbaru,” tuturnya.

Masih kata Aditya, kemasan produk UMKM adalah salah satu hal yang sangat penting. Sebab, kemasan sebuah produk memiliki efek psikologis yang mampu merangsang minat msyarakat karena nyaman dilihat.

“Banyak produk yang biasa-biasa saja, misal kripik singkong tapi di packaging dengan bagus, maka harga jualnya akan lebih tinggi. Bahkan produk juga bisa dijual di ritel modern atau tidak hanya di warungan,” pungkasnya.

Oleh karena itu, hendaknya Rumah Kemasan Banjarbaru mampu memotivasi dan menginspirasi pelaku usaha, bahwa kemasan termasuk yang sangat penting.

Aditya mengimbau kepada pelaku UMKM di Banjarbaru, untuk selalu berinovasi dan lebih kreatif dalam mengemas. Agar tampilan menarik dan produk bisa bersaing.

Baca Juga  Kades dan Masyarakat Desa Pekauman Dalam Gotong Royong Bersihkan Sungai

“Kita berharap produk UMKM kita ke depannya mampu bersaing di pasar lokal, nasional dan internasional,” harapnya.

Harapan lainnya, ke depan ada kemasan khas kota Banjarbaru, sehingga ketika orang melihat langsung tahu bahwa itu produk UMKM Kota Idaman.

“Ini sebagai rasa optimis kita atas bangkitnya ekonomi. Dan UMKM agar lebih maju lagi. Dengan Bismillah, Rumah Kemasan Banjarbaru dengan ini resmi dibuka,” tuntasnya.

Kepala Dinas Perdagangan kota Banjarbaru, Abdul Basid mengatakan, rumah kemasan ini sejatinya sudah tersedia sejak dua tahun terakhir, namun peranannya belum terlihat, lantaran terbatas penyediaan peralatan dan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengoperasikan alat yang tersedia.

Dan kini guna mengoptimalkan hasil UMKM agar semakin menarik pembeli, Pemko Banjarbaru menghidupkan rumah kemasan.

“Dengan demikian kedepannya bisa dengan adanya rumah kemasan yang membantu dalam membranding dari segi kemasan produk UKM Banjarbaru diharapkan bisa dipasarkan di minimarket dan sesuai dengan keinginan konsumen dengan kemasan yang menarik,” tuturnya.

Selain meresmikan Rumah Kemasan, Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru juga memberikan sertifikat halal kepada 5 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). (Ita/***)

film tema alien

Lima Rekomendasi Film Tema Alien

Suka film science fiction yang seru? Lo harus simak rekomendasi film bertema alien pilihan berikut ini! Kisah tentang mahkluk asing atau luar angkasa bisa

Read More »