Cek Kualitas Udara Bisa Dilakukan Lewat Smartphone

Facebook
Twitter
LinkedIn
Cek Kualitas Udara Bisa Dilakukan Lewat di Smartphone
Suasana Kota Banjarbaru

Linkalimantan – Jangan sekali-kali menyepelekan kualitas udara karena udara menjadi kebutuhan utama makhluk hidup saat bernapas. Kesehatan kita akan bisa terancam jika kualitas udara buruk dan mengandung banyak polutan. Tapi tidak usah khawatir karena  kini kita bisa cek kualitas udara lewat smartphone.

 

Kualitas udara di perkotaan saat ini memang jauh dari kata bersih. Kegiatan industry dan asap kendaraan bermotor turut menyumbang polusi udara. Cek kualitas udara secara berkala tentunya menjadi penting ketika kita akan merencanakan aktivitas sehari-hari terutama di luar rumah lewat smartphone.. Hal ini tentunya perlu dilakukan agar kita bisa menentukan langkah ideal untuk menghindari waktu tertentu ketika kualitas udara sedang buruk.

 

Kualitas udara suatu wilayah disesuaikan dengan Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Index (AQI). AQI diukur dengan patokan sebuah angka untuk mengetahui seberapa tercemarnya udara suatu wilayah tertentu. Perhitungan AQI didasarkan pada 6 polutan udara utama, yakni partikel PM 2.5 dan PM10, sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2), karbon monoksida (CO), dan Ozon.

Baca Juga  Kunjungi Pasar, Gubernur Kampanyekan Produk UMKM

 

Mengutip data dari situs AQ Index, Banjarbaru tergolong kota dengan kualitas udara sedang. Indeks kualitas udara Banjarbaru pada Rabu (24/8) mencapai angka 75 US AQI dengan konsentrasi PM 2.5. Lantas, bagaimana cara cek kualitas udara hari ini di smartphone?

 

Cara Cek Kualitas Udara Lewat Smartphone

 

Cara cek kualitas udara hari ini di smartphone cukup mudah. Kita tinggal menginstal aplikasi dan akan mendapat informasi lengkap mengenai kualitas udara hari ini, seperti perhitungan polutan hingga tips kesehatan untuk menghindari polusi.

 

Ada 5 aplikasi yang bisa kita instal untuk cek kualitas udara hari ini. Kita bisa memilih salah satu yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan. Ke 5 aplikasi tersebut :

AirVisual

UdaraKita

Nafas

AirLief

BreezoMeter

(ymn/net)