Minggu, April 21, 2024

Pemerintah Pemegang Saham Terbesar PT Vale Indonesia

Link, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan mengatakan, Pemerintah Indonesia menjadi pemegang saham terbesar PT Vale Indonesia.

Hal tersebut setelah pemerintah Indonesia menandatangani Dokumen Transaksi Akuisisi 14 persen PT Vale Indonesia oleh MIND ID di Jakarta, Senin (26/2/2024).

“Saya kira hari ini adalah hari yang penting karena akan menandai Pemerintah Indonesia melalui MIND ID menjadi Pemegang Saham terbesar. Hal tersebut akan menjadi satu hal yang penting dalam program hilirisasi nikel Indonesia kedepannya, terutama untuk mensuplai produk turunan nikel kepada pasar Eropa dan IRA-Amerika Serikat,” ungkap Menko Marves Luhut.

PT Vale Indonesia adalah salah satu perusahaan dengan cadangan nikel terbesar di Indonesia dan juga memiliki pengelolaan ESG yang baik. Menko Luhut menggarisbawahi, meskipun sudah dikelola dengan ESG yang baik, namun saya lihat program hilirisasinya masih tertinggal jauh dibandingkan yang lainnya.

Baca Juga  LBP Bahas Jebakan Pendapatan Menengah

“Oleh karena itu, saya minta nanti MIND ID dan Kementerian ESDM dapat memastikan bahwa pengembangan hilirisasinya bisa jalan secara menguntungkan. Ini harus ada dalam kewajiban IUPK nya,” tambah Menko Marves Luhut.

Menko Luhut juga mengingatkan terkait permasalahan yang belum terselesaikan yakni terkait permohonan perizinan. “Terakhir, saya minta perizinan-perizinan yang masih belum selesai, terutama IUPK, bisa segera dikeluarkan pada minggu ini, sehingga proses transaksi akuisisi ini bisa dituntaskan segera,” tutup Menko Marves Luhut. (spy)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img