Senin, Juli 22, 2024
BerandaHeadlinePimpin Yayasan Abdul Azis Halaby, ELH Eksis Di Dunia Pendidikan Anak

Pimpin Yayasan Abdul Azis Halaby, ELH Eksis Di Dunia Pendidikan Anak

Link, Banjarbaru – Didirikan Tahun 2017, di bawah kepemimpinan Hj Erna Lisa Halaby (ELH) Yayasan Abdul Azis Halaby yang semula hanya sebuah tempat untuk belajar mengaji keluarga, kini telah menjelma sebagai lembaga pendidikan Islam modern. Menjadi istimewa mengingat capaian itu dibangun dengan keringat sendiri.

“Alhamdulillah, awalnya Yayasan Abdul Azis Halaby bermula kegiatan belajar ngaji keluarga kini sudah menjadi menjadi Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) modern dan insyaAllah akan terus berkembang ke jenjang pendidikan Islam yang lebih tinggi lagi,” ungkap ELH kepada sejumlah pewarta, Selasa 9 Juli 2024 di kediamannya.

Degan raut wajah berbinar, ELH pun menceritakan kegiatan awal TPQ  Yayasan Abdul Azis Halaby dilaksanakan di surau keluarga di dalam Komplek Sofia Residen, Jalan Intan Raya RT 05, Kelurahan Loktaban Utara.

“Waktu itu yang belajar hanya 10 anak sekitar komplek dengan tiga orang ustadz. Waktu berjalan jumlahnya terus bertambah hingga ruangan surau yang memang tak begitu luas tidak mungkin bisa menampung kegiatan belajar para santri,” kenangnya.

Seiring dengan berjalannya waktu hingga saat ini, TPQ Al Halaby sudah menampung hingga 570 santri. Bahkan, masih banyak yang menjadi daftar tunggu untuk bisa masuk di TPQ Al Halaby tersebut.

Baca juga  Warga Kota Banjarbaru Silih Berganti Berdatangan Temui ELH

“Untuk menampung santri sebanyak itu, kami membuat dua sesi jam belajar. Selain itu, karena masih banyak yang ingin masuk kami mengatisipasinya dengan cara memasukkan santri baru, saat ada yang sudah naik jilid,” jelas ELH.

ELH mengungkapkan, untuk biaya pendidikan di TPQ Al Halaby awal mulanya semua di cover oleh Yayasan. Namun, untuk saat ini karena banyaknya peminat dari kalangan masyarakat pihaknya mau tidak mau memungut administrasi.

“Tapi, untuk yang kurang mampu sampai saat ini masih kami cover. Sedangkan yang mampu, kami hanya meminta untuk membeli seragam saja,” ungkapnya.

TPQ Al Halaby saat ini sudah mewisuda sebanyak 20 orang santri, pada 9 Juni 2024 kemarin. Sebelumnya, telah dilakukan khatam Al-Qur’an pada bulan Ramadhan sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur’an.

“Wisudanya baru tahun ini tadi, yang kami laksanakan di GOR kebetulan saya ikut hadir dalam kegiatan tersebut,” tambahnya.

Ia berharap semoga kedepannya, TPQ Al Halaby terus berkembang dan melahirkan santri-santri yang berkarakter.

Sebagai informasi, Yayasan Abdul Azis Halaby ini tidak hanya menyediakan sekolah agama. Namun, saat ini Yayasan juga mendirikan sekolah formal yaitu SD Al Halaby Islamic School sejak tahun 2023. (wahyu/BBAM)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER