Sabtu, Maret 2, 2024

Puncak Harlah 1 Abad NU PBNU Bakal Digelar 24 Jam Nonstop

Linkalimantan.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengumumkan bahwa puncak perayaan akbar 1 Abad NU akan dihelat di Stadion Delta Sidoarjo pada Selasa 7 Februari 2023. Momen Hari Lahir (Harlah) spesial ini akan digelar dalam 24 jam nonstop.

“Pada tanggal 16 Rajab 1944 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 7 Februari 2023. Kegiatannya akan dimulai pada tepat pukul 00.00 waktu setempat sampai pukul jam 12 jam malam hari berikutnya,” kata Gus Yahya di acara peluncuran lagu tema 1 Abad NU di gedung PBNU, Jakarta, Jumat (6/1/2022).

“Jadi kegiatannya nonstop 24 jam, insyaAllah. Dan puncak seremonialnya kita rayakan jam 7.00-10.30 pagi waktu setempat,” imbuhnya.

Untuk lebih memeriahkan Harlah 1 Abad NU ini, PBNU juga turut memproduksi lagu tema berjudul Merawat Jagat Membangun Peradaban, sesuai dengan visi NU jelang usai 100 tahun.

“Judul lagu ini menggunakan semboyan dari 1 abad NU, Merawat Jagat Membangun Peradaban,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibien, Rembang ini.

Secara khusus disampaikannya bahwa lirik lagu tersebut ditulis oleh Mustasyar PBNU KH Mustofa Bisri (Gus Mus), yang juga merupakan komposer dari lagu 1 Abad NU tersebut. “Lagu ini syair/liriknya ditulis langsung oleh yang mulia KH Mustofa Bisri (Gus Mus),” ucap Gus Yahya.

Baca Juga  Final Festival Maulid Habsyi Tutup Perayaan Se-Abad NU

Gus Yahya meyakini permohonannya untuk menuliskan lirik lagu tema 1 Abad NU kepada Gus Mus merupakan hal yang tepat, mengingat rekam jejak kiai asal Rembang ini juga piawai dalam mengolah kata menjadi bermakna. Sehingga ia menjamin setiap lirik dari lagu ini memuat semua hal baik untuk NU di usia 1 Abad ini.

“Jadi lagu ini tercipta tanpa tender. Kita yang memohon langsung kepada Gus Mus, dan saya yakin keputusan ini tidak salah karena syairnya sangat indah sederhana dan memuat semua hal terkait dengan 1 abad NU,” ucapnya mantap.

Ia lantas membeberkan setiap bait per bait lagu ini mencakup mulai dari dasar perjuangan, konsistensi dan keistiqamah, serta visi tentang masa depan NU termuat lengkap di dalam lagu yang diaransemen oleh musisi sekaligus gitaris ternama di Indonesia, Tohpati Ario Hutomo. (Link/net/nu.or.id).

BERITA POPULER