PUPR Kota Banjarbaru Akan  Bangun Embung Baru di Gunung Kupang

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Banjarbaru- Rencana pembangunan embung sebagai mitigasi banjir di Kota Banjarbaru terus dikembangkan. Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, telah memulai realisasi rencana pembangunan embung di Gunung Kupang, Cempaka. Embung ini, dibangun guna meminimalisir banjir yang sering terjadi di Cempaka, khususnya di  Kertak Baru, Cempaka, Banjarbaru.

Hal ini, dibenarkan oleh Subrianto, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR Kota Banjarbaru, ia menjelaskan bahwa rencana ini sudah ada sejak 2020 lalu. Dari banyaknya rekomendasi yang ditawarkan, seperti membuat sodetan, namun gagal karena rekomendasi tersebut ditolak oleh warga. Munculah alternatif yaitu membuat embung baru, yang bertempat di Gunung Kupang.

Baca Juga  Korupsi Bawaslu: SF Jalani Sidang Pertama

“Dari rekomendasi yang ditawarkan yang disetujui adalah membangun embung dihulunya Kertak Baru, sehingga nantinya diharapkan embung tersebut mampu menampung air sehingga tidak luber ke Kertak Baru,” ujarnya kepada Linkalimantan.com, Selasa (10/5/2022).

Ia mengatakan saat ini, lahan yang akan dibangun embung tersebut sudah ditentukan dan sedang proses inventaris lahan. Dari hasil kajian, mereka memerlukan luasan tanah yang akan digunakan nanti ialah sebesar 3 hektare, dengan kedalaman embung  sampai 4 meter.

“Anggaran untuk pembangunan embung sendiri sudah kami anggarkan sejak 2021 kemarin, yaitu sebesar Rp5 M. Tahun ini masih dalam pembebasan lahan, kemungkinan tahun depan baru menuju ke fisik,” jelas Subrianto.(wahyu/BBAM)