Senin, Juli 22, 2024
BerandaHeadlineRibuan Hektare Lahan Sawah Terendam Banjir

Ribuan Hektare Lahan Sawah Terendam Banjir

Link, Martapura  – Ribuan hektare lahan sawah di empat wilyah kecamatan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan terendam banjir. Akibatnya, sebagian besar tanaman padi muda mati.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Warsita mengatakan, dari total 49.000 hektar lahan sawah, 1.088,5 hektare diantaranya terendam banjir. Terbanyak di wilayah Kecamatan Martapura Barat berdasarkan laporan dari kecamatan dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

“Seluas 779 hektare lahan sawah di wilayah Kecamatan Martapura Barat terendam banjir, di wilayah Kecamatan Martapura Timur seluas 201,5 hektare, di wilayah Kecamatan Martapura seluas 91 hektare, dan di wilayah Kecamatan Astambul seluas 18,3 hektare sawah yang terendam,” ujarnya pada Rabu (12/6/2024).

Sedangkan untuk jumlah total tanaman padi yang puso akibat terendam banjir luapan air Sungai Martapura di tengah intensitas curah hujan tinggi, Warsita yang sekaligus menjabat sebagai Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar masih belum dapat memastikan.

Baca juga  Pemindahan Alkes Ke Bangunan Baru Puskesmas Sungai Tabuk 1 Lamban

“Untuk total tanaman padi yang mengalami puso baru dapat kita ketahui setelah tiga hari air banjir mulai surut. Karena itu kita masih melakukan inventarisir terhadap tanaman padi yang mengalami puso,” ucapnya.

Dengan mengantongi jumlah total tanaman padi yang puso tersebut, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dapat mengusulkan penyaluran bantuan untuk tanaman padi para petani yang mengalami puso tersebut.

“Batuan yang disalurkan kepada para petani bisa berupa benih padi dan lain sebagainya. Biasanya jenis bibit unggul yang disalurkan dari Kementerian Pertanian (Kementan),” beber Warsita.

Bahkan, tambah Warsita, BPP Kecamatan Martapura Barat sudah mengajukan usulan untuk mendapatkan bantuan tersebut.  (zainuddin)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER