Vivi Zubedi Boyong Karya Binaan Dekranasda Banjarbaru Ke NYFW

Facebook
Twitter
LinkedIn
Dekranasda tembus NYFW

Link, Banjarbaru – Press conference (Prescon) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru berkolaborasi dengan Vivi Zubedi goes to New York Fashion Week (NYFW) 2022, yang berakhir sekitar pukul 18.40 Wita, via Zoom di Mess L, Kamis (25/8/2022).

 

Tahun ini adalah kali ke-empat bagi Vivi Mar’i Zubedi untuk meramaikan panggung NYFW. Namun yang berbeda di tahun ini adalah beliau tidak membawa brand Vivi Zubedi untuk tampil, melainkan akan memboyong karya para perajin lokal Kota Banjarbaru ke panggung dunia tersebut.

 

“Saya sebagai volunteer designer dari brand Vivi Zubedi mendedikasikan panggung besar ini untuk Dekranasda Banjarbaru. Agar Dekranasda Banjarbaru dapat berpartisipasi membawa produk UMKM yang tentunya dengan kualitas yang sudah terjamin,” tutur ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi.

 

Vivi Mar’i Zubedi yang juga merupakan seorang fashion designer kenamaan Tanah Air, kembali membuat gebrakan dengan menampilkan 10 karya para perajin lokal binaan Dekranasda Kota Banjarbaru di panggung NYFW.

 

Dengan koleksi yang diberi judul “NEOCU LTURE”, mempersembahkan 10 looks dengan mengangkat kain Sasirangan sebagai elemen utamanya.

 

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade di industri fashion dan sepak terjangnya di hampir seluruh fashion week internasional membuat sosoknya tidak hanya sebagai panutan namun juga salah satu modest fashion designer yang diakui di dunia.

Baca Juga  Pengiriman Surpres Panglima TNI Ditunda

 

“Saya terpesona oleh keunikan budaya Banjar, dan terinspirasi semangat para perempuan perajin lokal yang mempunyai visi untuk melestarikan budaya bangsa, membuatnya kian gigih untuk memajukan industri kerajinan daerah,” ucap Vivi sapaan akrabnya.

 

Kain sasirangan merupakan kain khas Kalimantan Selatan yang dikenal dengan keunikan dan teknik yang cukup sulit serta membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatan.

 

“Saya berharap sasirangan bisa lebih dikenal lagi dan bisa sejajar dengan batik sebagai wastra Nusantara. Tidak hanya kain sasirangan tetapi Kota Banjarbaru juga dilirik, dilihat, didengar, tidak usah muluk-muluk di dunia. Paling tidak di nasional atau negara kita dulu,” tuturnya.

 

Vivi menjadikannya bukan hanya sekedar pakaian, tetapi sesuatu yang indah untuk diceritakan kepada dunia. Dikombinasikan dengan elemen modern ala Vivi Zubedi yang merupakan gabungan fenomena budaya untuk memberi perspektif baru bagi para pecinta fashion tentang komposisi sempurna akan perpaduan budaya, warna, bahan serta pola yang dibuat dengan hati hasil karya perajin lokal Kota Banjarbaru. (juwita/wahyu/BBAM)