Kapolda Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polda

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Banjarbaru – Pembangunan Markas Komanda Polda Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru sepertinya segera terealisasi. Ini setelah Kapolda Kalsel Irjend Rikhwanto didampingi Gubernur Kalsel H Syahbirin meletakkan batu pertama menandai dimulainya pembangunan mako Polda Kalsel.

“Mestinya pembangunan ini sudah dilakukan sejak Tahun 2021 lalu. Namun karena ada pemotongan anggaran maka pembangunannya ditunda. Alhamdulillah, tahun ini pekerjaan bila dilaksanakan. Dibiaya melalui anggaran pusat sebesar Rp131 miliar,” ujar Rikhwanto dalam sambutannya diacara peletakan batu pertama pembangunan Mako Polda Kalsel di Banjarbaru, Senin 28 Maret 2022.

Selain bangunan utama paparnya, Polda Kalsel juga melengkapi dengan bangunan pendukung lainnya. Seperti masjid dan fasilitas lain. Nah untuk keperluan tersebut pihaknya sudah mendapatkan bantuan dari pihak-pihak swasta.

“Sampai saat ini sudah terkumpul dana bantuan dari swasta sebsar Rp45 milyar. Bantuan diperkirakan akan bertambah, mengingat ada beberapa proposal yang sedang berproses,” ujarnya.

Dibagian lain, Kapolda mengatakan pihaknya masih membutuhkan lahan seluas kurang lebih 2 hektare untuk dijadikan komplek perumahan perwira sebanyak 30 unit.

Baca Juga  Buronan KPK Bersembunyi di Tanjung

Sementara itu, acara yang dilaksanakan di areal berdekatan dengan Gedung Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru tersebut dihadiri 89 undangan. Mereka terdiri dari para petinggi jajaran Polri yang bertugas di wilayah Kalimantan Selatan, sejumlah pejabat Pemprov Kalsel, Pejabat Pemprov Kota Banjarbaru, pengusaha dan sejumlah tokoh masyarakat.

Usai seremoni, kepada awak media Rikhwanto menjelaskan, pembangunan Mako Polda Kalsel akan dimulai sejak hari ini.

“Mulai hari ini, Senin 28 Maret 2022 pekerjaan pembangunan mako ini sudah dimulai. Luas lahan yang sudah dipersiapkan Pemprov Kalsel seluas 10,56 hektare, Tahun ini juga gedungnya harus sudah selesai,” ujarnya.

Tahun depan jelasnya lebih lanjut, seluruh anggota Polri yang bertugas di Polda Kalsel sudah harus berkantor di gedung yang baru.

“Kalau toh ada kendala teknis nantinya, yang pasti gedungnya sudah ada dan siap untuk ditempat,” katanya. (wahyu/ita/BBAM)

Reog Ponorogo

Penampilan Reog Singo Budoyo Sukamara di parade senja Banjarbaru, pada 15 Janurai 2022, yang merupakan

Read More »