Minggu Malam Pekan Terakhir Jelang Ramadan di Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn

Lalu Lintas di Jalan A Yani Macet, RTH dan Cafe-café Padat Pengunjung

Bukan malam Minggu, justru Minggu malam Kota Banjarbaru yang kini menjadi Ibukota Provinsi Kalsel diserbu masyarakat untuk menikmati suasana malam. Alasannya sangat sederhana, Minggu malam ini 27 Maret 2022 diyakini sebagai minggu terakhir menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Wahyu Trisna, Banjarbaru

Akhir weekend ini ada fenomena yang tak biasa terjadi di ibukota Provinsi Kalsel yang baru. Nyaris tidak ada event tertentu yang bersifat mengumpulkan masyarakat, namun kenyataannya sejak sore menjelang malam, tempat-tempat yang biasa  jadi pusat tongkrongan sudah mulai padat pengunjung.

Dampaknya, lalu lintas di Jalan A Yani macet, Ruang Terbuka Hijau (RTH) disesaki para pengunjung. Begitu juga tempat-tempat nongkrong seperti cafe-café yang ada di sekitaran Kota Banjarbaru tak luput dari fenomena tersebut.

Tidak cukup di sana, pusat perbelanjaaan terbesar yang ada di sekitaran perbatasan Kota Banjarbaru dengan Kota Martapura juga menjadi titik serbuan masyarakat. Nah kalau untuk yang satu ini kemacetan bukan hanya terjadi di Jalan A Yani saja, di pintu parkir hingga kasir pun menjadi titik antrian yang mengekor.

“Semula saya berpikiran ada kecelakaan atau insiden apa gitu lo, ternyata macet karena banyak deretan mobil-mobil yang menunggu giliran masuk dalam loket parkir di mall. Kesel juga sih, tapi gimana lagi,” ungkap Kusuma, warga Banjarbaru yang mengaku pulang dari pekerjaan di Martapura.

Baca Juga  Apresiasi Rumah Kemasan, Ini Harapan Ketua DPRD Kota Banjarbaru

Kusuma tidak kesal sendirian. Karena di jalanan terutama mereka yang menggunakan kendaraan roda dua banyak menggerutu karena kemacetan tersebut.

Selaras dengan gerutuan tersebut, di areal parkir mall tersebut nyata terlihat ratusan unit kendaraan yang berjejer memanuhi areal parkir.

Kepadatan tak berhenti di sana. Di Bundaran Simpang Empat Banjarbaru juga menjadi titik kumpul masyarakat. Kebanyakan mara muda-mudi yang terlihat asik bercengkrama.  Pun arus lalu lintas di Jalan A Yani kian malam kian memadat. Sorot-sorot lampu kendaraan begitu rapat terlihat di sepanjang jalan poros antarprovinsi tersebut.

Lalau apa sih penyebabnya? Kepada wartawan media ini sebagian besar mereka mengatakan akhir minggu ini dijadikan momen menikmati akhir pekan terakhir menjelang puasa Ramadhan.

“Minggu depan itukan sudah puasa. Jadi ya sekarang ini kami gunakan untuk jelan-jalan menikmati suasana malam bersama keluarga,” kata Lana warga setempat.

Dari pantauan media ini, RTH seperti kawasan Lapangan Murjani, Lapangan Van Der Pild, Minggu Raya, Taman Kreatif sangat ramai dipadati pengunjung. Demikian juga kafe-kafe di sekitaran RTH hampir tak ada kursi kosong.***